3 pulau di makasar siap di jual

Tiga dari 11 pulau di wilayah Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) yakni :
1. Pulau Samalona,

2. Pulau Laelae

3. Pulau Kodingareng Keke

siap "dijual" kepada investor karena potensial dijadikan sebagai objek wisata bahari.
"Sebenarnya sebelas pulau di Makassar yang juga masuk gugusan Kepulauan Spermonde, cocok dijadikan sebagai lokasi wisata bahari. Namun dari 11 pulau itu, tiga pulau dinilai cocok ditawarkan kepada investor," kata Kabid Promosi dan Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbupar) Kota Makassar Andi Samad Sa`ban Miru di Makassar, Kamis.
Dia mengatakan sebenarnya sudah ada satu pulau yang dikelola pihak swasta yakni Pulau Kayangan, namun dinilai belum maksimal pengelolaannya sehingga belum menjadi ikon pariwisata Kota Makassar.
"Saat ini yang banyak dikenal di tingkat nasional maupun internasional masih Pantai Losari. Karena itu, ke depan akan dikembangkan lagi pariwisata kepulauan," katanya.
Upaya yang dilakukan Disbudpar Makassar saat ini, lanjutnya, adalah menggencarkan promosi ke tingkat nasional dan internasional bekerja sama dengan industri pariwisata setempat.
Sebagai gambaran, potensi wisata pulau ini turut ditawarkan pada kegiatan "Visit Losari" yang akan dilaksanakan pada 9 - 10 Oktober 2009. Pada kesempatan itu, undangan dan delegasi dari berbagai daerah di Indonesia seperti Bali, Jawa Barat, DI Yogyakarta, dan Nusa Tenggara Barat akan hadir di Makassar.
"Momen itu dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan potensi pulau-pulau di Makassar, dan mudah-mudahan ada pihak yang bisa bekerja sama dengan Pemkot Makassar untuk mengelolanya," kata Samad.
Sementara itu, pengamat perkotaan dari Universitas Hasanuddin Dedy Ikhsan, MS pada keterangan terpisah mengatakan, rencana daerah untuk menyewakan sejumlah pulau di wilayahnya perlu pertimbangan matang dan konsep yang jelas.
Alasannya karena hal itu akan terkait dengan berbagai aspek di dalamnya, bukan hanya persoalan lingkungan, melainkan juga sosial, budaya dan kemasyarakatan.
Dengan demikian, lanjutnya, Pemkot Makassar harus memberikan penekanan kepada pihak investor yang akan mengelola pulau-pulau kecil itu untuk memperhatikan berbagai aspek tersebut.
"Investor harus ditekankan untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan, ekosistem dan harmonisasi masyarakat yang tinggal di pulau itu," katanya.